Thursday 13 November 2014

DAUN HERBAL,MANFAAT DAUN UNTUK KESEHATAN

Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

Bagi penduduk Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan daun serai, karena manfaat daun serai kerap kali digunakan pada bumbu masakan khas Indonesia. Sebagaimana yang kita tahu, pada bumbu masakan serai menghasilkan aroma masam seperti lemon, sehingga menambahkan cita rasa makan. Serai selain diambil manfaatnya untuk bumbu masakan, ternyata memiliki manfaat sehat di dalamnya.

Fakta Gizi Pada Manfaat Daun Serai

Serai adalah rempah milik keluarga rumput Poaceae. Nama ilmiah: Cymbopogon citratus. Berasal dari bagian Selatan India dan Sri Lanka. Manfaat daun serai ini telah menjadi salah satu bahan populer di Thailand, Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Indonesia dan sejauh benua Afrika dan Amerika untuk keperluan kuliner dan obat.
Manfaat daun serai untuk kesehatan
Daun serai herbal memiliki banyak manfaat kesehatan dari kandungan minyak esensial, bahan kimia , mineral dan vitamin yang dikenal memiliki anti oksidan, seperti berikut :
  • Komponen kimia utama dalam serai ialah ramuan citral atau lemonal, aldehida yang bertanggung jawab untuk bau lemon yang unik. Citral juga memiliki sifat anti mikroba dan anti jamur yang kuat.
  • Selain itu, bagian ramuan yang mengandung unsur-unsur lain dari minyak esensial seperti myrcene, sitronelol, metil heptenone, dipentene, geraniol, limonene, geranil asetat, nerol dll. Senyawa ini diketahui memiliki kontra iritan, rubefacient, insektisida, anti  jamur dan anti septik .
  • Daun dan batang yang sangat baik dalam asam folat ( 100 g daun dan batang menyediakan sekitar 75 mg atau 19 % dari RDA ) . Folat penting dalam pembelahan sel dan sintesis DN. Ketika diberikan selama periode awal kehamilan, dapat membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.
  • Manfaat daun serai yang juga kaya berbagai vitamin penting yang tak ternilai seperti asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B – 6) dan thiamin (vitamin B – 1). Vitamin ini penting dalam arti bahwa tubuh membutuhkan mereka dari sumber eksternal untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Daun serai yang segar atau kering, merupakan sumber kaya mineral seperti kalium, seng, kalsium, besi, mangan, tembaga dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai antioksidan
                                             Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan
Daun Pepaya, memiliki rasa yang pahit, merupakan salah satu daun-daunan yang bermanfaatuntuk kesehatan.Selain sebagai obat herbal daun pepaya pun juga dikenal banyak orang dalam bidang kuliner yaitu daun pepaya dimanfaatkan sebagai pelunak daging.
Daun pepaya mempunyai khasiat atau manfaat untuk bagi mereka yang punya masalah dengan jerawat yang bandel.Bagaimana cara mengobati jerawat dengan Daun pepaya,:
-Ambil 2-3 daun pepaya tua, jemur hingga layu.
-Daun pepaya layu tersebut tumbuk hingga halus.
-Daun pepaya tumbukan, beri sedikit air, kemudian oleskan ke bagian wajah yang terdapat jerawat, Diamkan beberapa saat.
-Bilas dengan air bersih (Jangan memakai sabun pembersih wajah).
Daun papaya juga bermanfaat untuk penambah nafsu makan, bagi orang dewasa maupun anak-anak.Bagaimana Cara membuat ramuan penambah nafsu makan dengan daun pepaya,:
-Tumbuk halus daun papaya atau juga bisa dengan memblendernya,  tambah sedikit garam dan air hangat secukupnya.
-Saring, dan ramuan siap diminum.
Daun Pepaya bermanfaat sebagai anti kanker (pencegah kanker), karena daun papaya banyak mengandung getah putih seperti susu, bemanfaat sebagai antikanker seperti yang dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengkonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.
Daun papaya bermanfaat sebagai pengontrol tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi.Bagaimana cara mengobati tekanan darah tinggi dengan daun pepaya;
Siapkan 5 lembar daun pepaya kemudian rebus dengan air sebanyak 1/2 liter hingga tinggal 3/4 nya. Dinginkan kemudian airnya siap diminum. Saat minum bisa dicampur dengan madu sebagai pelengkap dan pemanis.


Manfaat Daun srikaya

Pelaut Inggris menyebut buah srikaya dengan nama custard apel/sugar apple, buah srikayamemiliki rasa yang manis.Kandungan dalam srikaya dimanfatkan untuk obat kulit, gangguan pencernaan, dan lainnya.
Daun srikaya, dengan rasa pahit, kelat, bermanfaat untuk anti radang, astringen, peluruh cacing usus, percepat pematangan bisul.Daun srikaya juga dimanfaatkan untuk mengatasi demam, batuk, reumatik, turunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, kutu kepala, cacingan, rectal prolaps pada anak-anak.
Untuk pemakaian luar dapat daun sirsak dimanfaatkan untuk luka, borok, bisul, scabies, eczema dan kudis.
Cara pemakaian daun sirsak untuk mengobati penyakit;
-Gangguan pencernaan
Cuci daun srikaya yang masih segar secukupnya, tumbuk sampai halus, tambahkan minyak kelapa secukupnya, tempelkan pada perut.
-Borok/bisul
Ambil dan cuci daun segar srikaya, tumbuk halus, tambahkan sedikit garam, urapkan pada borok atau bisul dan balut.Ganti dalam sehari sebanyak 2-3 kali.
-Penenang penderita histeris, tiba-tiba pingsan
Cuci daun srikaya segar secukupnya, tumbuk hingga halus, Dekatkan tumbukan daun srikaya tersebut ke hidung penderita pingsan agar baunya terhirup.
-Cacingan pada anak
Cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, rebus dengan 5 gelas air hingga tersisa 3 gelas.Dinginkan, saring, minum 3x sehari, masing2 segelas.
-Kudis
Cuci daun srikaya segar sebanyak 15 lembar, tumbuk hingga halus.Remas-remas dengan menambahkan stu sendok the air kapur sirih.Gunakan dengan cara menggosokkan pada kulit, lakukan sehari 2 kali.


Manfaat buah sirsak/sirsat

Buah sirsak atau juga disebut dengan nama sirsat, nama latin buah sirsak ialah Annona muricata L. Buah sirsak dalam pemanfaatnya, dimanfaatkan buah, bunga, daun, dan juga biji.Buah sirsak juga dimanfaatkan untuk pengobatan seperti mengobati kanker, ambeien, rematik, sakit pinggang sampai penyakit liver. Buah sirsak terdiri dari 4% inti buah, 8.5 % biji buah dan 67.5 % daging buah.Vitamin yang paling dominan yang terkandung dalam buah sirsak adalah vitamin C.
Bahkan dengan hanya dengan mengkonsumsi 300 g buah sirsak,kebutuhan vitamin C seseorang perharinya dapat terpenuhi dimana kebutuhan vitamin C orang perhari membutuhkan 60 mg.Buah sirsak mengandung vitamin C yang tinggi, yang juga merupakan antioksidan yang baik, bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, dan anti aging (memperlambat proses penuaan) dengan kata lain tetap awet muda.
 Kandungan mineral buah sirsak, fosfor dan kalsium lebih dominan yaitu sebesar 27 dan 14 mg/100 g.Fosfor dan kalsium bermanfaat dalam pembentukan massa tulang, mengambat osteoporis.Buah sirsak banyak mengandung serat pangan (dietary fiber), 3,3 g/ 100 g daging buah.Dengan mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak, dapat memenuhi 13 % kebutuhan serat perharinya.
 Selain itu juga buah sirsak mengandung senyawa fitokimia, Buah sirsak dimanfaatkan untuk terapi pengobatan, seperti pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan selera makan.Seperti yang sudah dijelaskan diatas buah sirsak yang mempunyai kandungan serat cukup tinggi, bermanfaat memperlancar pencernaan (pengobatan sembelit/susah buang air besar).

Manfaat daun sirsak/sirsat Daun sirsak atau juga disebut dengan graviola, bermanfaat untuk membunuh sel kanker, terutama sel kanker prostat, paru-paru dan pankreas.Berdasarkan riset studi Purdue University,Membuktikan bahwa daun sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif.

Berikut hasil Risetnya:
-10 ribu kali lebih kuat memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan kemo terapi.
-Mampu melindungi sistem kekebalan tubuh kita, dan mencegah infeksi yang mematikan.
-Efektif membunuh sel kanker dengan aman secara lami, tanpa rasa mual, rambut rontok, berat badan turun.
-Lain halnya dengan kemo terapi , buah sirsak mampu membunuh sel jahat seperti sel kanker saja dan tidak membunuh sel sehat.

Manfaat daun sirih bagi kaum wanita


Daun Sirih sangat umum digunakan sebagai pembersih bagian kewanitaan. Di India, daun ini digunakan sebagai afrodisiak (obat perangsang) alami. Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan lain sirih bagi wanita.

1. Mengatasi gatal
Jika kulit Anda mengalami gatal-gatal karena alergi atau masalah kulit lainnya, sebelum gatal ini semakin parah dan meninggalkan bekas di kulit, Anda bisa mengobatinya dengan daun sirih.

2. Mengatasi jerawat

Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih tidak hanya ampuh untuk mengatasi gatal, tetapi juga bisa digunakan untukmengatasi jerawat. Untuk mengobati jerawat di wajah, dada, atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih untuk membilas bagian kulit yang berjerawat.

3. Mengatasi luka bakar

Menurut Beauty Health Tips, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar ringan. Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun sirih segar. Cuci bersih kemudian remas-remas. Setelah itu tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kuIit yang mengalami luka bakar. Daun sirih dan madu akan bekerja untuk menenangkan rasa perih karena luka bakar sekaligus meminimalisir inflamasi.

4. Mencegah bau badan
Kalau yang satu ini Anda mungkin sudah sering mendengarnya. Benar sekali, daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan yang tak sedap. Aroma harum daun sirih yang tajam akan meminimalisir aroma tubuh yang kurang sedap. Selain itu sifat anti-bakteri dalam daun sirih akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau badan.

Manfaat Buah Dan Daun Salak

Salak adalah tanaman tropis yang memiliki nama ilmiah (Salacca Edulis) yang hanya tumbuh di daerah tropis, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan banyak diminati oleh masyarakat Eropa dan Amerika.
Salak Bermanfaat untuk obat mencret atau diare:
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa manfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.
Salak bermanfaat juga sebagai obat mata:
Berdasarkan penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel. Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit.
Manfaat dan khasiat daun salak untuk mengobati ambeien dan cara meramunya:
Ambil 5 lembar daun salak, lalu rebus daun salak tersebut dengan 2 gelas air berukuran sedang, campurkan air rebusan daun salak dengan gula merah. Saring air rebusan tersebut, minum ramuan ini minimal 2 kali sehari.
Manfaat dan khasiat kulit salak dapat digunakan untuk pengobatan dan meredakan diabetes kering dan juga menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh:
Kupas l kulit buah salak secukupnya, cuci kulit salk dengan air hingga bersih, masukkan kulit buah salak ke dalam panci berisi air, lalu rebus hingga mendidih, saring air rebusan dan kemudian dinginkan lalu diminum, Minum ramuan ini minimal 3 kali sehari, lakukan cara ini secara rutin selama 2 minggu.

Manfaat Daun Salam

Daun salam pemilik nama latinSyzygium polyanthumbiasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk penyedap dan pengharum masakan. Misalnya dalam masakan gulai dan pepes, aroma dari daun salam benar-benar menggugah selera. Tapi yang akan kita bahas disini adalah manfaat daun salam untuk kesehatan dan obat tradisional.

Ya, selain digunakan sebagai bumbu masak, daun salam juga kerapkali digunakan sebagai obat tradisional. Beberapa penyakit bisa disembuhkan oleh daun salam, diantaranya Diare, Maag, Kencing manis, Mabuk akibat alkohol, asam urat, hipertensi, dan membantu menurunkan kadar kolesterol.

Kenapa daun salam memiliki khasiat yang begitu besar untuk kesehatan? Tidak lain tidak bukn adalah karena senyawa yang terkandung di dalamnya. Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin C dan Vitamin B kompleks yang sangat berguna dalam penyembuhan asam urat. Selain itu daun salam juga mengandung Minyak atsiri (0,05 %) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.
Manfaat Daun Salam:
Mengobati Asam Urat
Kegunaan daun salam sebagai obat asam urat bisa dilakukan dengan merebus daunnya. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.
Mengobati Diare
Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.
Menurunkan Kolesterol Tinggi
Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur.
Kencing manis
Ambil 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.
Obat Sakit maag
Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
Mabuk akibat alkohol
Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.
Penyakit Kulit, Kudis, gatal Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

No comments:

Post a Comment